Rehab Gedung PSC 119 Telan Anggaran 1 Miliar Lebih, Kata Bambang Kabid Keuangan Dinkes Purbalingga dibangun 1 Lantai

Rehab Gedung PSC 119 Telan Anggaran 1 Miliar Lebih, Kata Bambang Kabid Keuangan Dinkes Purbalingga dibangun 1 Lantai
Gedung Bangunan Public Safety Center (PSC) 119 Yang sedang Dikerjakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga

PURBALINGGA - Rehabilitasi Gedung Public Safety Center (PSC) 199 di Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Menelan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021, senilai Rp.1.143.450.000, - (Satu Miliar Seratus Empat Puluh Tiga Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Pembangunan PSC 119 dikerjakan dalam waktu 120 (Seratus Dua puluh) Hari Kalender dari 23 juli 2021, oleh CV.Bintang Sakti.

Sementara menurut keterangan dari Bambang Sucipto  Kepala Bidang Keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, yang mengurusi gedung tersebut mengatakan, Terkait Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Proses Pembangunan Gedung PSC 119 di lingkungan Dinkes Gabung dengan Gudang Farmasi. Dia menjelaskan untuk gedung PSC 119 tersebut Rehab dan sebelumnya sudah ada namun kini dibangun ulang.

"Gedung PSC 199 Untuk kegawatdaruratan adanya kejadian-kejadian Khusus, seperti Kecelakaan, orang hamil mau melahirkan namun kejadian Khusus atau kejadian Darurat, gedung itu dibangun satu lantai", Ungkapnya.

Lanjutnya, Pondasinya sudah ada, Gedungnya dulu sudah Ada, dirobohkan, gedung tersebut dibangun dengan ukuran yang sama dengan gedung Sebelumnya, gedung tersebut satu deret dengan gudang Farmasi.

Menurut keterangan PSC 119 merupakan Layanan Pra Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan Gawat Darurat dengan Pelayanan Kesehatan Cepat, Tepat, Cermat dan Profesional (Respon Time) yang dilaksanakan secara bersama dengan lintas sektor terkait selama 24 jam.

PSC 119 Mempunyai tugas untuk Menurunkan angka kecacatan dan kematian pada kejadian Gawat Darurat,  serta Menurunkan Angka kematian Ibu dan Bayi. Sementara Fungsi PSC 119 Pemberi pelayanan Korban/Pasien Gawat Darurat dan atau pelapor melalui proses triage Pemandu pertolongan pertama (First Aid) Mengevakuasi korban / pasien Gawat DaruratPengkoordinasi dengan Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Tugas PSC 119 Adalah Menerima panggilan Kegawatdaruratan, Memberikan informasi mengenai fasilitas pelayanan kesehatan, memberikan pelayanan kegawatdaruratan dengan algoritma kegawatdaruratan, Memberikan layanan Ambulance Gawat Darurat, Memberikan informasi ketersediaan darah PMI, Memberikan informasi ketersediaan ambulance, IGD, tempat tidur dan Doker Rumah.

Jika terjadi kegawatdaruratan medis seperti kecelakaan di jalan raya, kecelakaan kerja, serangan jantung, serangan stroke, pingsan, penurunan kesadaran ketika pasien berada dirumah ataupun dijalan dan membutuhkan penangan medis secara cepat dan tepat, Warga dapat menghubungi PSC 119.(JiS: N.SoN)

Dinkes purbalingga Purbalingga Jawa tengah
Narsono SoN

Narsono SoN

Related Posts

Peringkat

Profle

Update verified

Narsono SoN

Narsono SoN

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Jul 28, 2021

Udin Komarudin

Udin Komarudin

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Jul 28, 2021

Follow Us

Recommended Posts

Bio Farma Pastikan Stok Vaksin COVID-19 Aman
Terkait Penyebaran Varian Delta, 10 Provinsi Diminta Tingkatkan Testing dan Tracing
Mendagri M.Tito Karnavian: Positif COVID-19 Menurun di Indramayu Bukti Keberhasilan PPKM
dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid: Secara Nasional, Kasus Covid-19 Terjadi Penurunan Sebesar 18%
dr Siti Nadia Tarmizi: Diagnosis COVID-19 Cukup dengan Tes Antigen